Langsung ke konten utama

Nasib guru honorer jika tenaga honorer dihapus..?

Semenjak pergantian kabinet oleh Presiden, banyak perubahan yang dilakukan salah satu nya dari bagian kepegawaian.
Komisi II DPR RI bersama Kementerian PAN-RB dan BKN telah sepakat menghapus tenaga honorer, pegawai tetap, pegawai tidak tetap, dan lainnya dari organisasi kepegawaian pemerintah. Lalu bagaimana nasib guru honorer di Indonesia?



Kepala Biro Komunikasi Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ade Erlangga mengungkapkan, pihak Kemendikbud sudah menyampaikan hal ini kepada para guru terkait. Selain itu, Kemendikbud telah melakukan seleksi PPPK kepada guru honorer, namun hasil keputusan tersebut masih belum bisa ditetapkan.

"Iya, kita sudah sampaikan, dan sudah melakukan seleksi PPPK untuk guru, namun sampai sekarang belum diangkat atau ditetapkan," kata Ade kepada detikcom, Selasa (21/1/2020).
Ade juga mengatakan keputusan tersebut merupakan wewenang Kementerian PAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Menjadi ranah MenPAN/BKN," ujar Ade.

Meskipun pemerintah sudah menetapkan untuk menghapus tenaga honorer, Ade mengungkapkan para guru honorer dapat mengikuti tes seleksi CPNS dan PPPK. Dia mengatakan aturan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018.
"Sebagaimana yang diatur dalam PP No 49 Tahun 2018. Bahwa tenaga kerja honorer akan diberi kesempatan untuk mengikuti 2 hal, yakni pertama, ikut tes CPNS untuk yang memenuhi standar, dan kedua, ikut PPPK untuk usia yang lebih tua atau sampai batas waktu usia 1 tahun menjelang pensiun. Tapi juga harus tes," jelas Ade.

Sebelumnya diberitakan, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI bersama Kementerian PAN-RB dan BKN sepakat untuk menghapus tenaga honorer, pegawai tetap, pegawai tidak tetap, dan lainnya dari organisasi kepegawaian pemerintah. Nantinya, pegawai di instansi pemerintah hanya akan berstatus ASN dan PPPK.

"Komisi II DPR, Kementerian PAN-RB, dan BKN sepakat untuk memastikan tidak ada lagi status pegawai yang bekerja di instansi pemerintah selain PNS dan PPPK sebagaimana diatur dalam Pasal 6 UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, dengan demikian ke depannya secara bertahap tidak ada lagi jenis pegawai seperti pegawai tetap, pegawai tidak tetap, tenaga honorer, dan lainnya," demikian bunyi salah satu poin kesimpulan rapat kerja Komisi II dan MenPAN-RB, Senin (20/1).
Source : Detik.com

Komentar

Populer Posts

Dalam Batin, Ikat kekasih mu dengan ini...

BAJAM INDONESIA - Inilah yang perlu diperkuat untuk mengikat kekasih halal mu. Kamu tidak bisa selalu mengetahui apa yang dilakukan pasangan kamu nanti di sepanjang waktu.    IKATAN BATIN SEPASANG KEKASIH.     Kamu tidak bisa memantau seluruh aktivitas pasangan kamu. Walaupun kamu pasang cctv, kamu pasang perangkat gps pada kendaraan dan bahkan badan pasangan kamu, kamu sewa detektif untuk menguntitnya, namun tetap saja tidak bisa mengontrol semua kegiatan pasangan kamu. Maka bagaimana cara menjaga pasangan kamu nanti? Ikat saja yang kuat dengan batin kamu. Salah satu ikatan batin yang bisa kamu kuatkan adalah doa. Kita yakin doa adalah senjata orang mukmin yang sangat ampuh. Maka doakan selalu pasangan hidupmu nanti. Sebut terus namanya dalam setiap doamu. Mintakan perlindungan kepada Allah untuk kebaikan dan keselamatan dirimu dan dirinya. Mintakan penjagaan dan kasih sayang Allah untuk dirimu dan pasanganmu. Itulah ikatan batin atau ikatan spiritual yang sangat kuat antara suami d

9 Skills yang Tak Akan Disesali Untuk Dipelajari...

BAJAM INDONESIA - Di era milineal ini, setiap orang semakin dituntut untuk memilki skill yang mumpuni agar tidak ketinggalan dari orang lain dan tentunya agar dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik dengan skill yang dimiliki.   Banyak macam skill yang dimiliki oleh manusia ada yang memiliki bakat/skill alami, berkah langsung dari Tuhan sejak lahir. Dan ada juga yang diasah oleh manusia itu sendiri hingga menjadi kemampuan yang matang agar siap untuk menghadapi tantangan hidup di dunia yang terus berkembang dan berubah.  Untuk itu, di artikel ini ada beberapa skills yang perlu dimiliki oleh kita dalam kehidupan sekarang ini  yang akan sangat bermanfaat dan tak akan kita sesali untuk dipelajari. Pertama,   Skill sabar tanpa batas , karena kalau ada batas mungkin kita sudah dijemput oleh Sang Maha Kuasa. Kedua, Skill pantang menyerah, tidak jauh berbeda dengan skill yang pertama, selagi kita masih hidup berarti masih ada kesempatan untuk berbuat. Ketiga, Menjadi leader yang bija

Pengajar muda, jalur hebat untuk menjadi guru...

Lengkap dengan tata cara pendaftaran dan gaji. Kabar gembira bagi yang ingin menjadi guru, tentunya yang sarjana ya... Program Indonesia mengajar yang akan membentuk guru kompeten dengan seleksi dan kepelatihan, program ini dicanangkan oleh menteri pendidikan sebelum Nadiem makarim pada tahun 2008 silam. Program ini sangat populer saat ini selain mengejar tes CPNS karena selain gaji, biaya kehidupan pengajar muda dibayarkan oleh pemerintah langsung. Sampai saat ini, pendaftar untuk Indonesia mengajar terus meningkat. Para pengajar muda akan ditugaskan ke beberapa kabupaten di ratusan desa untuk mengajar, mendidik dan sosialisasi bersama masyarakat di daerah tersebut. Namun, untuk menjadi pengajar muda di Indonesia mengajar harus mengikuti seleksi dan pelatihan yang diadakan oleh Indonesia mengajar. Ini dia tata cara untuk bergabung bersama Indonesia mengajar menjadi pengajar muda beserta besaran gaji nya. Fase 1 : Rekrutmen dan Seleksi Untuk menjadi seorang Pengajar M