Langsung ke konten utama

Telah sah ! Bea materai hanya berlaku 1 harga, Ini faktanya...



Rancangan Undang-Undang (RUU) Bea Materai mendapatkan persetujuan Komisi XI DPR dan Pemerintah, serta akan segera dibawa ke pembicaraan tingkat II atau rapat paripurna untuk disahkan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajukan revisi UU bea materai kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI). Revisi UU ini karena sampai saat ini pemerintah masih berpatok pada UU Bea Materai nomor 13 tahun 1985.








"Demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dalam upaya mewujudkan hal tersebut diperlukan sumber penerimaan negara yang memadai dan berkesinambungan yang salah satunya berasal dari penerimaan perpajakan khususnya bea materai," ujar Sri Mulyani di RR Komisi XI, Jakarta, (3/7/2019)




Menurut Sri Mulyani, UU Bea Materai saat ini sudah tidak bisa lagi menjadi patokan karena kondisi perekonomian yang telah berubah. Oleh karenanya revisi ini perlu untuk dilakukan agar mengikuti kondisi perekonomian saat ini.

Hal tersebut dilakukan guna menyesuaikan kebijakan pengenaan Bea Materai dengan kondisi ekonomi, sosial, hukum, dan teknologi informasi yang telah berkembang sangat pesat, dengan tetap berpegang pada asas kesederhanaan, efisiensi, keadilan, kepastian hukum, dan kemanfaatan.

Ketua Komisi XI Dito Ganinduto menjelaskan pembahasan RUU Bea Materai merupakan carry over dari pembahasan Komisi XI DPR keanggotaan 2014-2019.






"Pada 1 September 2020 Komisi XI bersama pemerintah telah menyelesaikan pembahasan RUU tentang Bea Materai ini sehingga pada raker kali ini Komisi XI DPR akan melakukan pengambilan keputusan terhadap UU bea materai," jelas Dito pada kesempatan yang sama.



Saat ini, terjadi ketidaksetaraan pemajakan atas dokumen karena Undang-Undang 13/1985 tentang Bea Materai hanya mengatur mengenai pemajakan atas dokumen dalam bentuk kertas sehingga diperlukan regulasi dalam bentuk UU untuk menjangkau pengaturan Bea Materai pada dokumen elektronik yang berkembang dengan cepat. Diberlakukan pada 1 Januari 2021 mendatang sehingga terdapat cukup waktu untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas dan mempersiapkan sarana serta prasarana agar tidak terjadi hambatan dalam implementasi Undang-Undang ini.

semoga informasi ini menjadi bermanfaat untuk kita semua, untuk saran dan kritik silahan berkomentar dibagian pos komentar. Tetap semangat menjalani hari meski dalam suasana pandemi. Oke.

Komentar

Populer Posts

Dalam Batin, Ikat kekasih mu dengan ini...

BAJAM INDONESIA - Inilah yang perlu diperkuat untuk mengikat kekasih halal mu. Kamu tidak bisa selalu mengetahui apa yang dilakukan pasangan kamu nanti di sepanjang waktu.    IKATAN BATIN SEPASANG KEKASIH.     Kamu tidak bisa memantau seluruh aktivitas pasangan kamu. Walaupun kamu pasang cctv, kamu pasang perangkat gps pada kendaraan dan bahkan badan pasangan kamu, kamu sewa detektif untuk menguntitnya, namun tetap saja tidak bisa mengontrol semua kegiatan pasangan kamu. Maka bagaimana cara menjaga pasangan kamu nanti? Ikat saja yang kuat dengan batin kamu. Salah satu ikatan batin yang bisa kamu kuatkan adalah doa. Kita yakin doa adalah senjata orang mukmin yang sangat ampuh. Maka doakan selalu pasangan hidupmu nanti. Sebut terus namanya dalam setiap doamu. Mintakan perlindungan kepada Allah untuk kebaikan dan keselamatan dirimu dan dirinya. Mintakan penjagaan dan kasih sayang Allah untuk dirimu dan pasanganmu. Itulah ikatan batin atau ikatan spiritual yang sangat kuat antara suami d

9 Skills yang Tak Akan Disesali Untuk Dipelajari...

BAJAM INDONESIA - Di era milineal ini, setiap orang semakin dituntut untuk memilki skill yang mumpuni agar tidak ketinggalan dari orang lain dan tentunya agar dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik dengan skill yang dimiliki.   Banyak macam skill yang dimiliki oleh manusia ada yang memiliki bakat/skill alami, berkah langsung dari Tuhan sejak lahir. Dan ada juga yang diasah oleh manusia itu sendiri hingga menjadi kemampuan yang matang agar siap untuk menghadapi tantangan hidup di dunia yang terus berkembang dan berubah.  Untuk itu, di artikel ini ada beberapa skills yang perlu dimiliki oleh kita dalam kehidupan sekarang ini  yang akan sangat bermanfaat dan tak akan kita sesali untuk dipelajari. Pertama,   Skill sabar tanpa batas , karena kalau ada batas mungkin kita sudah dijemput oleh Sang Maha Kuasa. Kedua, Skill pantang menyerah, tidak jauh berbeda dengan skill yang pertama, selagi kita masih hidup berarti masih ada kesempatan untuk berbuat. Ketiga, Menjadi leader yang bija

Pengajar muda, jalur hebat untuk menjadi guru...

Lengkap dengan tata cara pendaftaran dan gaji. Kabar gembira bagi yang ingin menjadi guru, tentunya yang sarjana ya... Program Indonesia mengajar yang akan membentuk guru kompeten dengan seleksi dan kepelatihan, program ini dicanangkan oleh menteri pendidikan sebelum Nadiem makarim pada tahun 2008 silam. Program ini sangat populer saat ini selain mengejar tes CPNS karena selain gaji, biaya kehidupan pengajar muda dibayarkan oleh pemerintah langsung. Sampai saat ini, pendaftar untuk Indonesia mengajar terus meningkat. Para pengajar muda akan ditugaskan ke beberapa kabupaten di ratusan desa untuk mengajar, mendidik dan sosialisasi bersama masyarakat di daerah tersebut. Namun, untuk menjadi pengajar muda di Indonesia mengajar harus mengikuti seleksi dan pelatihan yang diadakan oleh Indonesia mengajar. Ini dia tata cara untuk bergabung bersama Indonesia mengajar menjadi pengajar muda beserta besaran gaji nya. Fase 1 : Rekrutmen dan Seleksi Untuk menjadi seorang Pengajar M