Langsung ke konten utama

PIKIR ULANG, INI PERBEDAAN SIAP NIKAH DAN INGIN MENIKAH...

 BAJAM INDONESIA - Tuhan menciptakan manusia berpasang pasangan dan setiap pasang manusia ini bersatu dengan caranya masing - masing yang telah digariskan oleh-Nya. Tak seorang pun yang tau jodoh, rezeki dan matinya, setiap insan manusia hanya bisa berikhtiar dan terus berdoa kepada-Nya selagi masih hidup di dunia. Bagi umat islam menikah adalah suatu ibadah untuk mendekatkan diri kepada Tuhan sang Pencipta Alam Semesta.


 

Menikah bukan tentang sekedar menikah karena perlu persiapan yang matang seperti hal nya berperang perlu perlengkapan alat perang dan persiapan diri yang tidak sembarangan. Namun hampir setiap insan manusia pasti ingin menikah.

Inilah beberapa perbedaan seseorang yang siap menikah dan ingin menikah, antara lain :

Pertama, ketika siap menikah pasti orang tersebut benar benar akan memperhatikan proses menuju jenjang pernikahan mulai dari belajar untuk menjadi pasangan yang baik, mencari calon yang baik, siap menerima calon mertua sebagai orang tuanya juga, persiapan keuangan, dan lain sebagainya. Namun berbeda hal dengan yang hanya "ingin" menikah, orang yang seperti ini hanya fokus kepada "yang penting menikah". Pendamping hidup bukan lah perkara mudah untuk didapatkan namun harus banyak berikhtiar dan berdoa.

Kedua, Orang "yang ingin menikah" biasanya menganggap pernikahan adalah sebagai satu satunya jalan keluar dari permasalahannya. Namun berbeda dengan orang yang siap menikah, dia yakin pernikahan justru menambah tanggungan, yaitu komitmen untuk menghadapi konsekuensi setelah ijab qabul. Seperti sebuah rumah yang akan dibangun harus perlu adanya tiang yang cukup dan kokoh agar rumah dapat bertahan dan kuat disetiap kondisi. 

Ketiga, Bagi yang siap menikah juga memiliki ciri yaitu sadar bahwa pernikahan tidak hanya tentang kesenangan belaka tapi juga akan dibutuhkan banyak perjuangan dan pengorbanan didalamnya. Sedangkan orang "yang ingin menikah" umumnya memikirkan yang enak-enaknya saja. 

 

Keempat, Orang yang siap menikah akan mulai merubah kebiasaan yang tidak baik/sikap buruknya selama ini, mulai lebih berusaha mempelajari apa yang perlu disiapkan untuk berumah tangga, mulai lebih sayang keluarga, dan menahan atau mengurangi sikap ego. Sedangkan orang "yang ingin menikah" sulit untuk merubah dirinya ke yang lebih baik karena biasanya orang ini kurang jiwa tanggung jawab karena hanya memikirkan kesenangan saja.

Oleh karena itu, berpikir ulang kenapa ingin menikah, apakah karena sudah siap menikah atau hanya ingin menikah alih alih mengatakan ini adalah sebuah ibadah. Ingat ya semua butuh proses, karena belajar tidak ada yang mudah tapi semua ini perlu dipelajari agar menjadi mudah. Semoga bacaan ini bermanfaat.

writer/editor : AnraMessay

Komentar

Populer Posts

Pengajar muda, jalur hebat untuk menjadi guru...

Lengkap dengan tata cara pendaftaran dan gaji. Kabar gembira bagi yang ingin menjadi guru, tentunya yang sarjana ya... Program Indonesia mengajar yang akan membentuk guru kompeten dengan seleksi dan kepelatihan, program ini dicanangkan oleh menteri pendidikan sebelum Nadiem makarim pada tahun 2008 silam. Program ini sangat populer saat ini selain mengejar tes CPNS karena selain gaji, biaya kehidupan pengajar muda dibayarkan oleh pemerintah langsung. Sampai saat ini, pendaftar untuk Indonesia mengajar terus meningkat. Para pengajar muda akan ditugaskan ke beberapa kabupaten di ratusan desa untuk mengajar, mendidik dan sosialisasi bersama masyarakat di daerah tersebut. Namun, untuk menjadi pengajar muda di Indonesia mengajar harus mengikuti seleksi dan pelatihan yang diadakan oleh Indonesia mengajar. Ini dia tata cara untuk bergabung bersama Indonesia mengajar menjadi pengajar muda beserta besaran gaji nya. Fase 1 : Rekrutmen dan Seleksi Untuk menjadi seorang Pengajar M

9 Skills yang Tak Akan Disesali Untuk Dipelajari...

BAJAM INDONESIA - Di era milineal ini, setiap orang semakin dituntut untuk memilki skill yang mumpuni agar tidak ketinggalan dari orang lain dan tentunya agar dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik dengan skill yang dimiliki.   Banyak macam skill yang dimiliki oleh manusia ada yang memiliki bakat/skill alami, berkah langsung dari Tuhan sejak lahir. Dan ada juga yang diasah oleh manusia itu sendiri hingga menjadi kemampuan yang matang agar siap untuk menghadapi tantangan hidup di dunia yang terus berkembang dan berubah.  Untuk itu, di artikel ini ada beberapa skills yang perlu dimiliki oleh kita dalam kehidupan sekarang ini  yang akan sangat bermanfaat dan tak akan kita sesali untuk dipelajari. Pertama,   Skill sabar tanpa batas , karena kalau ada batas mungkin kita sudah dijemput oleh Sang Maha Kuasa. Kedua, Skill pantang menyerah, tidak jauh berbeda dengan skill yang pertama, selagi kita masih hidup berarti masih ada kesempatan untuk berbuat. Ketiga, Menjadi leader yang bija

MUNGKIN 10 TAHUN LAGI TAK ADA PNS, KATA KEPALA BKN...

BAJAM INDONESIA -  Kita tidak bisa pungkiri bahwa pergerakan zaman pasti akan berbeda dan terus berubah pada waktunya. Apalagi dunia digital semakin menguasai dunia yang berarti selain berkembangnya mesin produksi, begitu juga teknologi digital. Kegiatan administrasi dan segala jenisnya bisa dikerjakan melalui canggih dan majunya dunia digital. Semua kegiatan hampir bisa dilakukan melalui Android yang notabene awal dari kemajuan dunia digital, dan semakin banyak aplikasi yang bisa mempermudah segala proses transaksi dan administrasi yang dilakukan orang dengan tujuan yang beraneka ragam. Perubahan yang mungkin terjadi di 10 tahun kedepan ini, langsung dikatakan oleh Kepala BKN, Bima haria wibisana yang mengatakan "Tidak ada lagi yang sakral pada saat sekarang ini untuk berubah. Dan saya harus siap untuk konsep itu. Dan itu menjadi pertanyaan, apa iya PNS itu full time. Mungkin tidak lagi. Mungkin 10 tahun lagi tidak seperti itu, mungkin tidak ada PNS, mungkin semuanya PPPK. Karen